Thursday, August 5, 2010

Tanggal Lahir Nabi Muhammad 20 April Tahun 571 Masehi/12 Rabiulawal Tahun Gajah

Di kala umat manusia dalam kegelapan dan kehilangan pegangan hidupnya,lahirlah ke dunia dari keluarga yang sederhana,di kota Mekah,seorang bayi yang kelak membawa perubahan besar bagi sejarah peradaban dunia.Bayi itu yatim;bapaknya yang bernama Abdullah meninggal kurang lebih 7 bulan sebelum beliau lahir.Kehadiran bayi itu di sambut oleh kakeknya Abdul Muththalib dengan penuh kasih sayang dan kemudian bayi itu di bawanya ke kaki ka'bah.Di tempat suci inilah bayi itu di beri nama Muhammad.Suatu nama yang belum pernah ada sebelumnya.Menurut penanggalan para ahli,kelahiran Muhammad itu pada tanggal 12 Rabiulawal tahun Gajah atau tanggal 20 April tahun 571 M.


Adapun sebab di namakan tahun kelahiran Nabi itu dengan tahun Gajah,karena pada tahun itu,kota Mekah di serang oleh suatu pasukan tentara orang Nasrani yang kuat di bawah pimpinan Abrahah,gubernur dari kerajaan Nasrani Abessinia yang memerintah di Yaman,dan mereka bermaksud menghancurkan Ka'bah.Pada waktu itu Abrahah berkendaraan Gajah.Belum lagi maksud mereka tercapai,mereka sudah di hancurkan oleh Allah s.w.t.dengan mengirimkan burung ababil.Oleh karena pasukan itu mempergunakan gajah,maka orang Arab menamakan bala tentara itu pasukan bergajah,sedang tahun terjadinya peristiwa ini di sebut tahun Gajah.


Nabi Muhammad s.a.w.adalah keturunan dari Qushai pahlawan suku Quraisy yang berhasil menggulingkan kekuasaan Khuza'ah atas kota Mekah.Ayahnya bernama Abdullah bin Abdul Muththalib bin Hashim bin Abdumanaf bin Qushai bin Kilab bin Murrah dari golongan Arab Banu Ismail.Ibunya bernama Aminah binti Wahab bin Abdumanaf bin Zuhrah bin Kilab bin Murrah,di sinilah silsilah keturunan ayah dan ibu Nabi Muhammad s.a.w.bertemu.Baik keluarga dari pihak bapak maupun dari ibu keduanya termasuk golongan bangsawan dan terhormat dalam kalangan kabilah-kabilah Arab.


Sudah menjadi kebiasaan pada orang-orang Arab kota Mekah,terutama pada orang-orang tergolong bangsawan,menyusukan dan menitipkan bayi-bayi mereka kepada wanita badiyah (dusun di padang pasir) agar bayi-bayi itu dapat menghirup hawa yang bersih, terhindar dari penyakit-penyakit kota dan supaya bayi-bayi itu berbicara dengan bahasa yang murni dan fasih.Demikianlah halnya nabi Muhammad s.a.w. beliau di serahkan oleh ibunya kepada seorang perempuan yang baik,Halimah Sa'diyah dari Bani Sa'ad kabilah Hawazin,tempatnya tidak jauh dari kota Mekah.Di perkampungan Bani Sa'ad inilah Nabi Muhammad s.a.w di asuh dan di besarkan sampai berusia lima tahun.

11 comments:

  1. tq infona sist, ramadhan sebentar lagi, mohon maaf lahir bathin moga ibdah puaa nanti diberkahi Allah SWT..amin

    ReplyDelete
  2. Wah...baru tahu nih kalau mba Aisha punya blog ini, kebetulan kadar keimanan bang Pendi masih rendah jadi bisa sering2 mampir disini buat belajar. Makasih sharingnya mba...

    Salam hangat & sehat selalu...

    ReplyDelete
  3. Blog mba' Aisha juga ya ...!
    siep....

    ReplyDelete
  4. cerita alinea terakhir saya baru tahu :D ... thanx yah sis ... sebenarnya saya suka cerita-cerita "dibalik layar" alias yang jarang di ceritakan oleh guru agama saya ...

    ReplyDelete
  5. ikutan belajar sirah nabawiyah disini.. kalo ibu kartini selang sehari.. 21 april.. nice info, tak kenal maka tak sayang.. :)

    ReplyDelete
  6. Assalamu'alaikum... berkunjung lagi. baca sejarah lagi... kemaren baca Qushai... sekarang keturunannya, Rasulullah Muhammad SAW. Semoga selawat dan salam selalu tercurah kepadanya dan keluarganya dan kita mendapatkan safaatnya. Amien.

    ReplyDelete
  7. pelajaran waktu di MTs nih,,
    makasih udah diingatkan lagi,,, ^^

    ReplyDelete
  8. assalamualaikum..
    jadi lebih tahu detail ttg sejarah Nabi nih sist,
    saya sering puter cd ttg ini untuk anak saya di rumah.
    mhn maaf lahir dan batin ya sist, menjelang ramadhan ini, semoga kita diberikan kekuatan dan mendapat pahala yang berlimpah.
    salam

    ReplyDelete
  9. kelhiran yang bersejarah hingga yaumil qiyamah

    ReplyDelete
  10. kalau 20 april 571 masehi bersamaan dengan 9 Rabiul awal 53 Sebelum hijrah. cuba lihat link ini : http://www.islamicfinder.org/dateConversion.php?mode=ger-hij&day=20&month=4&year=571&date_result=1 (MANA YANG BETUL NI 9 rabiul awal atau 12 rabiul awal?)

    ReplyDelete
  11. Klo mau buat blog tentang Nabi buatlah yg benar, hadist menyebutkan beliau lahir senin..sedang tanggal tidak disebutkan.tahun kelahiran beliau adalah awal penyerangan tentara gajah abrahah..bertepatan dengan 40 tahun kekuasaan kisra...jika d runut dari 3 sumber itu maka nabi lahir tanggal 20 atau 22 april 571 M...maka yg bertepatan dengan hari senin hanya tanggal 9 rabiul awal

    ReplyDelete