Wednesday, August 25, 2010

Arti Panjang Tangan Dalam Islam Adalah Banyak Bersedekah Dan Berbuat Kebajikan

Aisyah r.a berkata:Rasulullah s.a.w bersabda,"Orang yang paling cepat menyusulku di antara kamu (istri-istri beliau)adalah orang yang paling panjang tangannya."


Pada mulanya  istri-istri beliau mengira bahwa yang di maksud adalah panjang tangan yang sebenarnya,yaitu anggota tubuh.Lalu mereka berlomba mengukur mana yang paling panjang tangannya di antara mereka dengan meteran.Tangan yang lebih panjang pada waktu itu,tangan Saudah r.a.Ternyata yang paling panjang tangannya adalah Zainab-karena ia bekerja dengan tangannya sendiri,bersedakah dan berbuat kebajikan.


Sabda Rasulullah s.a.w:" Yang paling panjang tangannya" maksudnya adalah orang yang paling banyak bersedekah di antara istrinya.Dan ini adalah sebuah makna yang jauh dari ungkapan.Adapun makna yang lebih mendekati ungkapan adalah al-jarihah(anggota tubuh).Dan di maksud dalam hadis ini adalah makna yang pertama (banyak bersedekah).Lalu Zainablah istri Nabi s.a.w yang pertama meninggal,maka mereka (istri-istri Nabi) baru tahu bahwa yang di maksud dengan tangan panjang adalah dalam sedekah dan kedermawaan.


Dalam hadis ini terkandung nilai sebuah mu'jizat Nabi s.a.w,begitu juga terkandung kedudukan mulia Ummul Mukminin Zainab r.a.Para ahli sejarah bersepakat bahwa wanita pertama kali menyusul Nabi s.a.w adalah Zainab.Ia wafat pada zaman kekhalifahan Umar bin Khaththab r.a.

7 comments:

  1. banyak bersedekah di bulan romadhon, sungguh luar biasa pahalanya...panjang tangannya ya

    ReplyDelete
  2. moga kita bisa meniru prilaku terpuji Rasullullah itu..amiin

    ReplyDelete
  3. Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku : http://www.yohanwibisono.com, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

    ReplyDelete
  4. mantap!!!
    smg kita menjadi orang2 yg peduli terhadap sesama

    ReplyDelete
  5. zaynab yang mana nie, zaynab yang wafat waktu nabi masih hidup itu zaynab binti Khuzaiman, kalo yang wafat pd masanya khalifah Umar mgkn baru Zaynab binti jahsy.

    ReplyDelete