Sunday, February 6, 2011

Pengalaman-pengalaman Penting Nabi Muhammad s.a.w

Ketika berumur 12 tahun,Nabi Muhammad s.a.w. mengikuti pamannya Abu Thalib membawa barang dagangan ke Syam.Sebelum mencapai kota Syam,baru sampai ke Bushra, bertemulah kafilah Abu Thalib dengan seorang pendeta Nasrani yang alim,"Buhaira" namanya.Pendeta itu melihat ada tanda-tanda kenabian pada diri Muhammad s.a.w. Maka di nasehatilah Abu Thalib agar segera membawa keponakannya itu pulang ke Mekkah,sebab dia khawatir kalau-kalau Muhammad s.a.w. di temukan oleh orang Yahudi yang pasti akan menganiayaNya.Abu Thalib segera menyelesaikan dagangannya dan kembali ke Mekah.
Nabi Muhammad s.a.w., sebagaimana biasanya pada masa kanak-kanak itu,dia kembali kepekerjaannya menggembala kambing; kambing keluarga dan kambing penduduk Mekah yang lain yang di percayakan kepadanya. Pekerjaan menggembala kambing ini membuahkan didikan yang amat baik pada diri nabi, karena pekerjaan ini memerlukan keuletan, kesabaran, dan ketenangan serta ketrampilan dalam tindakan.

Di waktu nabi Muhammad s.a.w. berumur kurang lebih 15 tahun terjadilah peristiwa yang bersejarah bagi penduduk Mekah,yaitu kejadian peperangan antara suku Quraisy dan Kinanah di satu pihak,dengan suku Qais 'Ailan di lain pihak. Nabi Muhammad s.a.w. ikut aktif dalam peperangan ini memberikan bantuan kepada paman-pamannya dengan menyediakan keperluan peperangan.

Peperangan ini terjadi di daerah suci pada bulan-bulan suci pula yaitu pada bulan Zulqaedah. Menurut pandangan bangsa Arab peristiwa itu adalah pelanggaran terhadap kesucian,karena melanggar kesucian bulan Zulqaedah,sebenarnya dilarang berkelahi,berperang menumpahkan darah. Oleh karena demikian, perang tersebut dinamakan Harbul Fijar yang artinya perang yang memecahkan kesucian.

Semenjak wafatnya Abdul Muththalib, kota Mekah mengalami kemerosotan.Ketertiban kota Mekah tidak terjaga. Keamanan harta benda, diri pribadi tidak mendapat jaminan. Orang-orang asing menderita segala macam pemerasan terang-terangan. Kadang-kadang mereka di rampok, bukan saja barang dan harta bendanya , akan tetapi juga istri dan anak perempuannya. Perbuatan-perbuatan yang demikian membuat suasana Mekah kacau  dan genting. Jika hal itu di biarkan berlarut-larut akan merugikan penduduk Mekah sendiri (Quraisy).
Akhirnya timbullah keinsyafan di kalangan pemimpin-pemimpin Quraisy untuk memulihkan kembali ketertiban kota Mekah itu. Maka berkumpulah pemuka-pemuka dari bani Hasyim,Bani Muththalib,Bani Asad bin 'Uzza,Bani Zuhrah bin Kilab dan Bani Tamim bin Murrah.Dalam pertemuan ini pemimpin-pemimpin Quraisy mengikat sumpah; bahwa tidak seorangpun yang akan teraniaya lagi  di kota Mekah baik oleh penduduk sendiri maupun orang lain.
Barang siapa yang teraniaya,dia harus di bela bersama-sama.Demikianlah isi dari sumpah itu itu yang dalam sejarah di sebut Halfulfudhul. Nabi Muhammad s.a.w. sendiri mengatakan sesudah menjadi rasul bahwa beliau menyaksikan pertemuan paman-paman beliau itu di rumah Abdullah bin Juda'an, di waktu berusia belasan tahun.
Hasil pertemuan pemuka-pemuka Quraisy itu membawa perubahan yang baik bagi kota Mekah, hingga kota ini kembali aman dan selanjutnya memegang peranan penting dalam sejarah perkembangan bangsa Arab.


Meningkat masa dewasa, Nabi Muhammad s.a.w. mulai berusaha sendiri dalam penghidupannya.Karena dia terkenal orang yang jujur,maka seorang janda kaya bernama Sitti Khadijah mempercayai beliau untuk membawa dagangan ke Syam. Setelah selesai menjual belikan barang dagangan di Syam,dengan memperoleh laba yang tidak sedikit,beliaupun kembali ke Mekah.


Sesudah Nabi Muhammad s.a.w. pulang dari perjalanan ke Syam itu,datanglah lamaran dari pihak Sitti Khadijah kepada beliau menyampaikan hal itu kepada pamannya. Setelah tercapai kata sepakat pernikahanpun di langsungkan,pada waktu itu umur Nabi kurang lebih 25 tahun,sedang Sitti khadijah kurang lebih 40 tahun.

Perkawinan ini telah memberi Muhammad s.a.w. ketenangan dan ketentraman. Muhammad s.a.w memperoleh cinta kasih yang tulus dari seorang perempuan yang kemudian hari merupakan orang yang pertama-tama mengakui kerasulannya, dan senantiasa siap sedia menyertai dia dalam segala penderitaan dan kesusahan dengan pengorbanan harta sekalipun.Perkawinan beliau dengan Sitti Khadijah berlangsung
selama 28 tahun,hingga Sitti Khadijah meninggal.Mereka di karunia 6 anak,2 laki-laki dan 4 perempuan.

Nama Nabi Muhammad s.a.w. bertambah populer di kalangan penduduk Mekah, sesudah beliau mendamaikan pemuka-pemuka Quraisy dalam sengketa mereka memperbaharui bentuk Ka'bah. Pada permulaannya mereka nampak bersatu dan bergotong royong mengerjakan pembaharuan Ka'bah itu. Tetapi ketika sampai kepada peletakan batu hitam (Al Hajarul Aswad) ke tempat asalnya, terjadilah perselisihan sengit antara pemuka-pemuka Quraisy. Mereka masing-masing merasa berhak untuk mengembalikan batu suci itu ke tempat asalnya semula. Akhirnya disepakati yang akan menjadi hakim adalah orang yang pertama datang dan pada saat yang kritis ini,datanglah Muhammad s.a.w. yang di sambut dan segera disetujui mereka; maka diambilnyalah sehelai kali, lalu dihamparkannya dan  Al Hajarul Aswad diletakkannya di tengah-tengah kain itu. Kemudian di suruhnya tiap-tiap pemuka golongan Quraisy bersama-sama mengangkat tepi kain ke tempat asal Al hajarul Aswad itu.Ketika sampai di tempatnya,maka batu hitam itu di letakkan dengan tangannya sendiri ke tempatnya.
Dengan demikian selesailah persengketaan itu dengan membawa kepuasan pada masing-masing golongan.Pada waktu kejadian ini usia Nabi sudah 35 tahun dan dikenal dengan nama"Al-Amin" yang dipercaya.

7 comments:

  1. Tq dah berbagi dan mengingatkan ttg Nabi Besar Muhammad SAW, moga kita semua kan mendapat syafaat darri beliau yang mulia...amin

    ReplyDelete
  2. Hello Friend
    I'm coming to you to make a special invitation, come visit my blog, dealing in sports information from my little town, Canguçu and the region where it is located, we portrayed the activities of ordinary people, children and adults, sports professionals, all in a simple and unpretentious journalistic.
    This invitation is also for you to help us, give us a hint, a suggestion that will be very welcome, we want to help more and more the sport's growth and quality of life of its practitioners, collaborate, please contact, ricardomourars@gmail.com.
    Our Blog www.cangussusports.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Semoga kita teramsuk dalam golongan ummat Rasulullah yg mendapat shafaatnya di yaumil akhir nanti. Amin

    ReplyDelete
  4. Tq sharingnya, salam alaika ya Rasulullah SAW.
    Dzadjakillah khairan katsira :)

    ReplyDelete
  5. hebat,
    yah bener2 hebat artikelnya,
    salam kenal n selamat berkarya . . . . . ,
    :D

    http://www.bagollum.com

    ReplyDelete
  6. Tak ada yang baru di sini,
    tak ada yang asing di sini,
    telah ku kenal sejak ku kecil,
    namun apakah ku telah mengikuti jejakmu "Kekasih"
    Ya Habibi
    Ya Nurul 'Aini
    Allahumma Sholli 'ala Saidina Muhammad

    ReplyDelete
  7. Salam kenal dari rumah resep masakan Indonesia, ditunggu kunjungan baliknya :).

    ReplyDelete