Friday, June 24, 2011

Hikmah Diturunkan Al Qur'an Secara Berangsur-angsur

Al qur'an diturunkan secara berangsur-angsur dalam masa 22 tahun 2 bulan 22 hari atau 23 tahun,13 tahun di Mekkah dan 10 tahun di Madinah.Hikmah Al Qur'an diturunkan secara berangsur-angsur itu ialah:

1.Agar lebih mudah di mengerti dan di laksanakan.Orang akan enggan melaksanakan , dan larangan sekiranya suruhan dan larangan itu diturunkan sekaligus. hal ini disebutkan oleh Bukhari riwayat 'Aisyah r.a.

2.Di antara ayat-ayat itu ada yang  nasikh dan ada yang mansukh, sesuai dengan kemaslahatan.Ini tidak dapat di lakukan sekiranya Al Qur'an di turunkan sekaligus. (Ini menurut pendapat yang mengatakan adanya nasikh dan mansukh).

3.Turunnya sesuatu ayat sesuai dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi akan lebih mengesankan dan lebih berpengaruh di hati.

4.Memudahkan penghafalan. Orang-orang musyrik yang telah menanyakan mengapa Al Qur'an tidak di turunkan sekaligus, sebagaimana tersebut dalam Al Qur'an surat (25) Al Furqaan ayat 32,yaitu:
"Berkatalah orang-orang yang kafir:"Mengapa Al Qur'an tidak di turunkan kepadanya sekali turun saja?";demikianlah supaya Kami perkuat hatimu dengannya dan Kami membacakannya secara tartil (teratur dan benar)."

5.Di antara ayat-ayat ada yang merupakan jawaban daripada pertanyaan atau penolakan suatu pendapat atau perbuatan,sebagai dikatakan oleh Ibnu 'Abas r.a. Hal ini tidak dapat terlaksana kalau Al Qur'an diturunkan sekaligus.

Ayat-ayat Makkiyyah  dan ayat-ayat Madaniyyah.
Di tinjau dari segi masa turunnya, maka Al Qur'an itu dibagi atas dua golongan:

1.Ayat-ayat yang diturunkan di Mekah atau sebelum Nabi Muhammad s.a.w. hijrah ke Madinah dinamakan ayat-ayat Makkiyyah.

2.Ayat-ayat yang diturunkan di Madinah atau sesudah Nabi Muhammad s.a.w. hijrah ke Madinah dinamakan ayat-ayat Madaniyyah.

Ayat-ayat Makkiyyah meliputi 19/30 dari isi Al Qur'an terdiri dari atas 86 surat,sedang ayat-ayat Madaniyyah meliputi 11/30 dari isi Al Qur'an terdiri atas 28 surat.

3 comments:

  1. @Aulawi Ahmad:kabar baik,bro,alhamdulillah.Semoga dirimu juga,amin.

    ReplyDelete
  2. al quran di turunkan bertahap2 sebagai pelajaran bagi kita bahwa dalam mencapai keberhasilan membutuhkan proses. oleh karena itu kita harus menghargai proses dengan sabar dan iklas.

    ReplyDelete