Monday, July 25, 2011

Pengenalan Surat Al Faatihah (pembukaan) Bagian 1

Surat " Al Faatihah " (pembukaan) yang di turunkan di Mekkah dan terdiri dari 7 ayat adalah surat yang pertama-tama di turunkan dengan lengkap di antara surat-surat  yang ada dalam Al Qur'an dan termasuk golongan Surat Makiyyah.

Surat ini di sebut " Al Faatihah " (pembukaan),karena dengan surat inilah di buka dan di mulainya Al Qur'an. Di namakan " Ummul Qur'an " (induk Al Qur'an) atau " Ummul Kitaab " (induk Al Kitaab) karena dia merupakan induk bagi semua isi Al Qur'an, serta menjadi inti sari dari kandungan Al Qur'an, dan karena itu di wajibkan membacanya  pada tiap-tiap shalat.

Surat ini mengandung beberapa unsur pokok yang mencerminkan seluruh isi Al Qur'an, yaitu:

1. Keimanan:
Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa terdapat dalam ayat 2, dimana dinyatakan dengan tegas bahwa segala puji dan ucapan syukur atas sesuatu ni'mat itu bagi Allah, karena Allah adalah Pencipta dan sumber segala ni'mat yang terdapat dalam alam ini.

Di antara ni'mat itu ialah: ni'mat menciptakan, ni'mat mendidik dan menumbuhkan, sebab kata " Rabb " dalam kalimat " Rabbul-'aalamiin " tidak hanya berarti  " Tuhan " dan " Penguasa ", tetapi juga mengandung arti tarbiyah yaitu  mendidik dan menumbuhkan. Hal ini menunjukkan bahwa segala ni'mat yang di lihat oleh seorang dalam dirinya sendiri dan dalam segala alam ini bersumber dari Allah, karena Tuhan-lah Yang Maha Berkuasa di alam ini. Pendidikan, penjagaan dan penumbuhan oleh Allah di alam ini haruslah di perhatikan dan di pikirkan oleh manusia sedalam-dalamnya, sehingga menjadi sumber berbagai macam ilmu pengetahuan yang dapat menambah keyakinan manusia kepada keagungan dan kemuliaan Allah, serta berguna bagi masyarakat. Oleh karena keimanan (ketauhidan) itu merupakan masalah yang pokok, maka didalam surat Al Faatihah tidak cukup dinyatakan dengan isyarat saja, tetapi di tegaskan dan di lengkapi oleh ayat 5, yaitu: "Iyyaaka na'budu wa iyyaaka nasta'iin" ( hanya Engkau-lah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkau-lah kami mohon pertolongan).

Yang di maksud dengan "Yang Mengusai Hari Pembalasan" ialah pada hari itu Allah-lah Yang berkuasa, segala sesuatu tunduk kepada kebesaran-Nya sambil mengharap ni'mat dan takut kepada siksaan-Nya.

Hal ini mengandung arti janji untuk memberi pahala terhadap perbuatan yang baik dan ancaman terhadap perbuatan yang buruk. "Ibadat" yang terdapat pada ayat 5 semata-mata ditunjukan kepada Allah.

2. Hukum-hukum:
    Jalan kebahagiaan dan bagaimana seharusnya menempuh jalan itu untuk memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat. Maksud "hidayah" di sini ialah hidayah yang menjadi sebab dapatnya keselamatan , kebahagiaan dunia dan akhirat, baik yang mengenai keyakinan  maupun akhlak, hukum-hukum dan pelajaran.

3. kisah-kisah:
    Kisah para nabi dan kisah orang-orang dahuhu yang menentang Allah. Sebagian besar dari ayat-ayat Al Qur'an memuat kisah-kisah para nabi dan kisah orang-orang dahulu yang menentang Allah. Yang di maksud dengan yang diberi ni'mat dalam ayat ini, ialah para nabi, para shidieqiin (orang-orang yang sungguh-sungguh beriman), syuhadaa (orang-orang yang mati syahid), shaalihiin (orang-orang yang shaleh).
" Orang-orang yang di murkai dan orang-orang yang sesat"  ialah golongan yang menyimpang dari ajaran Islam.

Perincian dari yang telah disebutkan di atas terdapat dalam ayat-ayat Al Qur'an pada surat-surat yang lain.

1 comment: