Friday, July 22, 2011

Perbedaan Ayat-ayat Makiyyah dengan Ayat-ayat Madaniyyah

1. Ayat-ayat Makiyyah pada umumnya pendek-pendek sedang ayat-ayat Madaniyyah panjang-panjang; surat Madaniyyah yang merupakan 11/30 dari isi Al Qur'an ayat-ayatnya berjumlah 1.456,sedang surat Makiyyah yang merupakan 19/30 dari isi Al Qur'an jumlah ayat-ayatnya 4.780 ayat.Juz 28 seluruhnya Madaniyyah kecuali surat (60) Mumtahinah, ayat-ayatnya berjumlah 431. Surat Al Anfaal dan surat Asy Syu'araa masing-masing merupakan setengah juz tetapi yang pertama Madaniyyah dengan bilangan ayat sebanyak 75, sedang yang kedua makiyyah dengan ayatnya yang berjumlah 227.

2. Dalam surat-surat Madaniyyah terdapat perkataan "ya ayyuhalladzina aamanu" dan sedikit sekali terdapat perkataan " yaa ayyuhannaas", sedang dalam surat-surat Makiyyah adalah sebaliknya.

3.Ayat-ayat Makiyyah pada umumnya mengandung hal-hal yang berhubungan dengan keimanan, ancaman dan pahala, kisah-kisah umat yang terdahulu yang mengandung pengajaran dan budi pekerti; sedang Madaniyyah mengandung hukum-hukum duniawi , seperti hukum kemasyarakatan, hukum adat, hukum ketatanegaraan, hukum perang, hukum internasional, hukum antar agama dan lain-lain.

3 comments: